Vaksin Covid-19 di Indonesia, Ini Kabar Terbaru Erick Thohir

Menteri BUMN Erick Thohir-- jawa pos

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Masyarakat dunia, termasuk Indonesia, hingga saat ini masih menunggu kapan vaksin COVID-19 ditemukan dan diproduksi secara massal.

Berikut ini sejumlah kabar baik seputar upaya penemuan vaksin COVID-19.Pertama, Ketua Komite Kebijakan Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir mengingatkan vaksin COVID-19 sebagai hasil kerja sama PT Bio Farma (Persero) dengan perusahaan farmasi Sinovac, China, kemungkinan baru beredar awal 2021.

Erick juga memastikan bahwa BUMN farmasi, Bio Farma akan turut terlibat dalam uji klinis dan produksi vaksin tersebut. Bio Farma juga akan memproduksi obat untuk terapi kesembuhan pasien COVID-19.

“Vaksin ini kita (Komite Kebijakan Penangnan COVID-19, red) pastikan akan ada tetapi saya mohon masyarakat juga berdisiplin (menerapkan protokol kesehatan), supaya tadi kita bisa terus mengantisipasi. Bio Farma juga akan memastikan memproduksi obat untuk terapi kesembuhan,” ujar dia.

Indonesia akan menguji klinis calon vaksin COVID-19 hasil kerja sama dengan perusahaan biofarmasi asal China, Sinovac Biotech Ltd. Calon vaksin tersebut telah tiba dari China pada Minggu (19/7/2020). Calon vaksin untuk penyakit menular yang telah menimbulkan pandemi global itu telah diserahkan ke Bio Farma.

Uji klinis tahap III untuk kandidat vaksin itu akan dilakukan di Bandung, Jawa Barat, dan direncanakan selesai pada Januari 2021.

Komentar

Loading...