Aliran Dana APBN Mengalir ke Rekening Pribadi, Dasco: Itu Terjadi Sebelum Prabowo Jadi Menhan

Prabowo Subianto.Foto: dok ANTARA/HO-Humas Kemhan

FAJAR.CO.ID,JAKARTA — Muncul polemik aliran dana APBN di Kementerian Pertahanan (Kemenhan) yang saat ini dipimpin oleh Prabowo Subianto. Pasalanya, uang APBN itu sebagian malah mengalir ke rekening atas nama pribadi. Jumlahnya sebesar fantastis Rp 48.1 miliar.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, anggaran Kementerian Pertahanan yang masuk ke rekening pribadi sudah terjadi sebelum di mantan Danjen Kopassus yang dikenal dengan sebutan 08 itu menjadi menhan.

“Yang jelas sudah dilaporkan. Karena itu kan terjadi sebelum pak Prabowo menjabat sebagai Menteri Pertahanan,” ujar Dasco kepada wartawan, Kamis (23/7).

Dasco mengatakan, walaupun masuk ke rekening pribadi namun tetap dilaporkan pertanggung jawabannya. Karena hal itu merupakan anggaran dari pemerintah untuk tahun 2019.

“Lalu dalam laporannya tetap dilaporkan karena itu memang keuangan negara,” katanya.

Dasco juga beralasan, menurutnya masuk ke rekening pribadi ini juga karena belum dibukanya rekening dinas atas nama Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Karena banyaknya kebutuhan operasional maka anggaran tersebut masuk ke rekening pribadi.

“Karena kebutuhan operasional dan lain-lain yang memang harus dilakukan, kami mendapat info Kemenhan kemudian mengeluarkan anggaran ke rekening yang dibuka khusus untuk operasional dari atase pertahanan masing-masing,” katanya.

Bahkan, kata Dasco, saat ini rekening rekening dinas sudah mendapatkan izin dari Kementerian Keuangan. Sehingga selanjutnya anggaran untuk Kementerian Pertahanan akan masuk ke rekening dinas.

KONTEN BERSPONSOR

Komentar