Batuk Hanya untuk Ganguan Irama Jantung


FAJAR.CO.ID — Batuk sekuat-kuatnya hanya dianjurkan pada pasien yang kemungkinan penyebabnya adalah gangguan irama jantung.Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah RS Ibnu Sina, dr Iwan Wisudawan SpJP, menyampaikan, batuk hanya bertujuan menjaga aliran darah ke otak saat detik-detik terjadi gangguan irama jantung, hingga diharapkan memberikan waktu beberapa detik hingga gangguan irama jantung tersebut teratasi.

Sedangkan serangan jantung disebabkan karena gangguan alirah pembuluh darah jantung. “Jadi batuk tidak ada pengaruhnya pada penyumbatan mendadak pembuluh darah koroner, yang merupakan mekanisme utama terjadinya serangan jantung,” jelasnya.

Kata dokter Iwan, batuk hingga saat ini hanya biasa diajarkan saat terjadi gangguan irama jantung di dalam rumah sakit. Itu dalam kondisi sadar dan termonitor ketat dengan alat rekam irama jantung (elektrokardiografi). “Misalnya bila terjadi di ruang kateterisasi jantung, sehingga, batuk yang dibutuhkan akan diajarkan oleh petugas kesehatan atau dokter yang berada dalam ruangan tersebut saat melalui monitor terdeteksi gangguan jantung mendadak,”ujarnya. (sal/dni)

loading...
Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Komentar

Loading...