Konsumsi Semangka, Ini 5 Manfaat dan Nutrisi untuk Ibu Hamil

Ilustrasi buah semangka-- (Boldsky)

  1. Kalium

Meski tak banyak mengandung makronutrien, semangka padat dengan mikronutrien yang juga penting untuk janin, salah satunya kalium. Karena kandungannya ini, salah satu manfaat semangka untuk ibu hamil adalah dapat menguatkan persendian.

Selain bagi ibu, kalium juga bermanfaat untuk tumbuh kembang janin dalam kandungan dan pembentukan tulang janin. Konsumsi kalium yang dianjurkan bagi ibu hamil mencapai hingga 4,700 mg per hari. Kekurangan kalium bisa menyebabkan terganggunya fungsi jantung dan kram atau kebas pada kaki.

  1. Vitamin C

Salah satu kandungan semangka adalah vitamin C. Pada ibu hamil, vitamin C cukup penting, baik bagi ibu maupun janin. Manfaatnya, antara lain: Membantu perbaikan jaringan dan penyembuhan luka. Mendukung pembentukan tulang dan gigi janin. Membantu penyerapan zat besi yang merupakan mikronutrien penting lainnya pada kehamilan.

  1. Zat Besi

Tubuh ibu hamil akan menggunakan zat besi untuk memproduksi lebih banyak sel darah dalam meningkatkan angka hemoglobin. Hemoglobin penting untuk memastikan oksigen dari paru-paru terdistribusi dengan baik ke seluruh tubuh, terutama kepada janin.

Ibu hamil yang makan semangka bisa meminimalkan risiko anemia akibat kurangnya zat besi. Perlu diketahui bahwa anemia bisa menyebabkan bayi lahir prematur atau bayi terlahir dengan berat yang kurang.

  1. Likopen

Salah satu keunggulan buah semangka adalah warnanya yang merah akibat tingginya kandungan antioksidan bernama likopen. Manfaat semangka untuk ibu hamil yang satu ini dapat memberikan asupan likopen saat hamil.

Komentar

Loading...