Menteri PPA Tekankan Hak Anak Indonesia Harus Diperjuangkan


FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Hari Anak Nasional (HAN) diperingati masyarakat Indonesia khususnya anak-anak Indonesia setiap tanggal 23 Juli.

Perayaan Hari Anak Nasional yang diperingati tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Mengingat saat ini Indonesia dan beberapa negara lainnya dilanda wabah Covid 19.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengatakan memiliki hak yang sama dengan orang dewasa.

“Kita mengacu pada hak anak undang undang perlindungan anak yang memiliki 4 hak yaitu hak hidup, hak tumbuh dan berkembang, hak dilindungi dari kekerasan, eksploitasi dan hak untuk berpartisipasi,” ucapnya pada video konferensi yang digelar pada Kamis (23/7/2020).

Dari hak yang dimiliki, ia berharap, anak-anak Indonesia dapat proaktif dalam memperjuangkan hak masing-masing.

“Perjuangkan hak-hak kalian, karena kalian merupakan aset negara yang sangat penting dan berharga bagi bangsa ini,” harapnya pada Hari Anak Nasional dengan tema Anak Terlindungi Indonesia Maju.

Lebih jauh, ia mengatakan, hak yang sama pun harus didapatkan dan diperjuangkan bagi anak-anak Indonesia yang disabilitas.

“Kita ada forum anak seluruh Indonesia untuk merangkum suara anak dari Sabang sampai Merauke dan melalui forum anak, mereka memperjuangkan hak-hak yang sama termasuk anak disabilitas,” jelasnya.

Dalam melindungi anak, ia mengaku dibutuhkan tanggungjawab dan peran seluruh pemerintah khususnya instansi terkait, terlebih dalam memberikan perhatian dan perlindungan guna memenuhi kebutuhan anak-anak Indonesia. (anti/fajar)

Komentar

Loading...