Muncul Penyakit Baru di AS, Demam yang Ditularkan oleh Kutu

Kutu yang menularkan bakteri Bartonella Quintana penyebab gejala Trench Fever (Pixabay)

FAJAR.CO.ID — Amerika Serikat masih menjadi negara terparah yang dilanda pandemi Covid-19 dengan jumlah kasus positif dan kematian paling tinggi. Kini negara tersebut dilanda wabah penyakit baru dan bernama Trench Fever. Orang yang terpapar mengalami demam dan penyakit itu ditularkan oleh kutu.

Kaiser Health News melaporkan kasus demam terjadi di Colorado dan merupakan kasus yang keempat tahun ini. Trench Fever adalah kondisi langka yang ditularkan oleh kutu tubuh yang sebelumnya menimpa tentara selama Perang Dunia I.

Meski Colorado hanya memiliki empat kasus tahun ini, Direktur Medis Pencegahan dan Pengendalian Infeksi di Rumah Sakit Universitas UCHealth di Colorado Dr. Michelle Barron, meyakini wabah bisa melebihi jumlah itu. Dia memperingatkan dokter setempat untuk jeli melihat tanda-tanda atau gejala penyakit tersebut.

Gejalanya ditandai oleh demam kambuhan, sakit kepala, mual, muntah, nyeri tulang, terutama di tulang kering. Beberapa orang yang terinfeksi juga mengalami lesi kulit atau infeksi fatal pada katup jantung.

Dilansir dari Science Times, Kamis (23/7), meski kondisi ini sempat terjadi selama Perang Dunia I, saat ini penyakit ini muncul di kalangan masyarakat ekonomi miskin atau tunawisma. Meski demikian, demam seperti ini jarang berakibat fatal. Para ahli medis percaya bahwa kutu bisa saja muncul sebagai parasit di lingkungan kumuh.

Komentar

Loading...