Lepas Jubir Covid-19, Ini Aktivitas Achmad Yurianto

Kolonel CKM dr. Achmad Yurianto-- jawa pos

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Achmad Yurianto sudah tidak menjabat lagi sebagai juru bicara pemerintah untuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Posisinya digantikan Profesor drh Wiku Adisasmito MsC PhD, yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua Tim Pakar Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19.

Selepas dari jubir pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto mengatakan akan kembali bertugas sebagai Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P).

“Sekarang yang update Prof Wiku,” ujar Achmad Yurianto. Meski sudah tidak menjadi jubir lagi, Yuri memastikan akan tetap memantau dan mengevaluasi perkembangan penanganan virus corona di Tanah Air.

Karena, virus asal Kota Wuhan, China itu menjadi salah satu masalah yang sangat menjadi konsentrasi di P2P. “Covid-19 itu salah satu masalah di P2P, saya tetap mengevaluasinya,” jelas Achmad Yurianto.

Seperti diberitakan Presiden Jokowi membubarkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Hal ini tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2020 tentang Komite Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan Pemulihan Ekonomi Nasional yang diteken pada 20 Juli 2020.

Fungsi gugus tugas kini digantikan oleh Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional. Di dalam komite terdapat tiga unsur yaitu Komite Kebijakan, Satuan Tugas Penanganan Covid-19, dan Satuan Tugas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional.

Posisi ketua Komite Kebijakan dipegang oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto. Tugasnya adalah untuk mengkoordinasikan seluruh kebijakan penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi.

Komentar

Loading...