Pemilik Lahan Manggala Agendakan Unjuk Rasa di Istana Negara

FOTO: ISTIMEWA

MAKASSAR – – Keluarga besar ahli waris pemilik lahan di Kelurahan Manggala, Makassar, H Fachruddin Dg Romo bersiap melakukan Demo Akbar di depan Istana Presiden dalam waktu dekat.

Langkah itu ditempuh setelah ahli waris mensinyalir banyaknya mafia tanah di internal Badan Pertanahan Nasional (BPN) Makassar, yang tak kunjung menerbitkan sertifikat lahan mereka. Padahal lahan seluas 55,7674 hektare di lokasi tersebut sudah memiliki kekuatan hukum tetap hingga ke Mahkamah Agung (MA).

Kerabat ahli waris, Mukhtar Tompo mengatakan perjuangan hukum telah dilakukan hingga tujuh putusan telah inkracht memenangkan H Fachruddin Dg Romo, namun hingga kini belum juga di eksekusi. Ia menyampaikan pada Selasa, 21 Juli lalu, Dirjen Sengketa Kementerian Agraria juga datang ke lokasi melakukan peninjauan.

“Kedatangannya tanpa pemberitahuan. Saat di lokasi, penjaga kami di sana menelepon saya sebagai kuasa dari keluarga. Mereka berkeliling di lokasi hingga menjelang magrib didampingi Kakanwil BPN Sulsel dan Kepala Kantor Pertanahan Kota Makassar,” kata Mukhtar Tompo, Kamis, 23 Juli. Dalam kunjungan itu, Mukhtar menyampaikan rencana mereka menggelar unjuk rasa di depan Istana bila pihak BPN tak kunjung memproses kepemilikan lahan tersebut.

Salah satu ahli waris Fachruddin Dg Romo, Andi Firdaus Fachruddin menyampaikan apresiasi atas langkah mediasi yang terus dilakukan kerabatnya, Mukhtar Tompo. Meski yang tampak, pihak BPN di semua tingkatan terus mempermainkan kepemilikan lahan tersebut. Maka pihaknya bulat siap menggelar unjuk rasa hingga ke Jakarta sebagai aksi protes terhadap kinerja BPN.

Komentar

Loading...