Jelang MPLS, Disdik Tuntut Kreativitas Sekolah

Ilustrasi siswa

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Peserta didik baru segera memasuki masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) atau Masa Orientasi Siswa (MOS) yang akan berlangsung besok, Senin (26/7/2020).

Namun, pandemi covid-19 yang masih merebak di Kota Makassar, kegiatan yang dilaksanakan di sekolah ini harus digelar secara daring. Hal itu dilakukan demi menghindari kerumunan yang berpotensi menyebarkan virus.

Untuk itu, Ketua Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kota Makassar, Ahmad Hidayat menilai, pihak sekolah harus kreatif dalam memperkenalkan profil sekolah kepada calon peserta didik.

“MPLS atau MOS itu dikembalikan ke pihak sekolah, berdasarkan kreativitas dan inovasi masing-masing sekolah. Bagaimana kemudian mengolah video pengenalan sekolahnya kemudian dikirim ke hp masing-masing siswa,” ujarnya, Minggu (26/7/2020).

Yayat sapaannya, sejalan dengan merdeka belajar yang menjadi inovasi baru Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim. Di mana kebijakan diambil alih oleh sekolah dan lebih bebas berinovasi.

“Insyaallah MPLS ini berjalan dnegan baik, di sini kita dorong merdeka belajar. Semua betul dikembalikan ke sekolah. Bagaimana kepala sekolah untuk berinovasi masing-masing,” tuturnya.

Sementara itu, sekolah yang ingin mengadakan MPLS atau MOS di sekolah agar melapor dulu ke pihak Dinas Pendidikan (Disdik). Selain itu, protokol kesehatan harus lengkap seperti alat cuci tangan di depan kelas dan menyediakan masker.

Komentar

Loading...