Resto di Makassar Beroperasi Tanpa Kantongi SIUP, Legislator Gerindra Beri Peringatan

Kasrudi

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Anggota Komisi A DPRD Kota Makassar, Kasrudi menduga adanya tebang pilih dalam perkara pembukaan restoran cepat saji Burger King di Jalan Hasanuddin Makassar.

Indikasi itu kuat sebab Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar, M Ansar telah meresmikan gerai tersebut, padahal diketahui restoran asal Paman Sam itu belum memiliki Surat Izin Usaha Perusahaan (SIUP) dan izin Analisis Dampak Lingkungan (Amdal).

“Ini jangan sampai ada yang merasa dibeda-bedakan, harusnya kalau memang tidak ada izin, jangan dibuka dulu, tunggu ada izinnya baru dibuka,” ujar Kasrudi, Minggu (26/7/2020).

Legislator Gerindra ini bertekad akan terus mengawal perkara ini karena dikahwatirkan menjadi preseden buruk bagi usaha lainnya yang tak berizin.

“Pasti ada kasus seperti ini yang belum kelihatan, kita di komisi A akan terus mengawal terkait perizinan,” ujarnya.

Sebelumnya, Sekda Kota Makassar meresmikan gerai fast food Burger King di jalan Hasanudin. Ternyata, belakang katahuan gerai tersebut belum berizin.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Penindakan dan Pengawasan Dinas Perdagangan (Disdag) Makassar, Syahruddin. Berdasarkan laporan, Burger King Cabang Hasanuddin belum mengantongi izin beroperasi. Padahal, gerai ini sudah beroperasi.

Meski begitu, sampai saat ini restoran Burger King masih membuka usahanya.

“Informasi saya terima bahwa Burger King belum mengantongi izin operasional,” tegas Syahruddin. (endra/fajar)

Komentar

Loading...