Sulbar Siap Jadi Pemasok Kedelai, Pemprov Siapkan 50 Ribu Hektare Lahan

Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar.

FAJAR.CO.ID, MAMUJU — Pemerintah Provinsi Sulbar kini tengah bersiap menjadi pemasok kedelai ke seluruh Indonesia. Sebanyak 50 ribu hektare telah disiapkan.

Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar mengatakan, kedepan Indonesia harus mandiri kedelai sebagai tahapan dalam mendukung program swasembada pangan nasional. “Untuk itu, Sulbar mendukung strategi nasional dalam kemandirian pangan,” kata Ali Baal Masdar, Minggu, 26 Juli.

Kata Ali Baal, dalam rangka memenuhi target dan kebutuhan nasional akan kedelai, Pemprov Sulbar menyiapkan brigade kedelai sebagai perpanjangan program dari pemerintah pusat. Khususnya Kementerian Pertanian RI yang sejalan dengan kebijakan dewan untuk swasembada pangan berupa beras, jagung dan kedelai.

“Sulbar sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat, maka program tersebut telah didukung Kementrian Pertanian,” tutur Ali Baal.

Lebih lanjut Ali Baal, menjelaskan adapun lahan yang dibutuhkan hingga mencapai 50 ribu hektar dan tahap awal telah dilakukan penanaman melalui bantuan PT. Multi Agro Plantation. “Pada 2021 Sulbar akan menyiapkan lahan secara bertahap hingga mencapai 50 ribu hektar nantinya,” pungkasnya .

Mengantisispasi kerugian petani akibat kegagalan panen, Ali Baal menyatakan, Pemprov Sulbar menjamin dan akan menyiapkan serta mendorong peran asuransi dan penjaminan. Selain itu, juga menyiapkan kelembagaan brigade kedelai provinsi yang akan mendampingi secara langsung di lapangan.

“Untuk menjamin hasil produksi kedelai yang akan berskala besar di Sulbar ini, maka pasar diutamakan dalam negeri untuk memenuhi kebutuhan kedelai dalam negeri. Tidak hanya itu, PT Multi Agro Gemilang Plantation akan menerima berapapun hasil produksi kedelai kita ini,” ujar mantan Bupati Polman dua periode itu.

KONTEN BERSPONSOR

Komentar