Demi Belajar Online, Pelajar Keluar Masuk Hutan cari Jaringan Internet

Anak-anak mengerjakan tugas di sebuah bukit di Desa Tlogoharjo, Kecamatan Giritontro, Wonogiri demi mendapatkan sinyal internet, kemarin (26/7). (ISTIMEWA)

Biasanya, pukul 07.30, teman-temannya sudah berkumpul di bukit tersebut. Tak jarang, mereka bertahan di sana hingga pukul 16.00. Beberapa anak kembali ke rumah ketika waktunya makan siang. Beberapa di antaranya bahkan membawa bekal. Selain itu, ada orang tua yang mengirimkan makanan untuk dimakan sang buah hati yang sedang belajar di bukit tersebut.

Gadis 15 tahun ini mengatakan, mereka membawa HP masing-masing ketika belajar di sana. Anak-anak ini pun saling membantu ketika mengerjakan tugas-tugasnya. “Kalau HP salah satu mati, gantian dengan yang lain. Soalnya di sini tidak bisa nge-charge. Kalau sinyalnya lemot ya gantian,” jelasnya.

Gadis ini mengatakan, banyak tugas yang harus dikerjakannya saat ini. Saat dihubungi kemarin, dia sedang mengerjakan beberapa tugas mata pelajaran, di antaranya adalah PKN, matematika, biologi, dan kimia.

Dia juga mengeluhkan borosnya pemakaian paket data. Sebab, dia harus membuka Youtube untuk melihat tutor pelajaran. Apakah dia memahami semua pelajaran yang dilihatnya di Youtube? “Ada yang paham, ada yang masih bingung. Makanya saya juga pengin corona segera berakhir, jadi pelajaran bisa di kelas. Kalau bingung tinggal tanya langsung sama guru,” bebernya.

Alfi, sapaan karibnya, yang saat ini duduk di kelas 1 SMA Negeri di Kecamatan Baturetno ini menceritakan, sebelumnya dia juga mengerjakan try out ujian sewaktu SMP di bukit tersebut.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...