Demi Belajar Online, Pelajar Keluar Masuk Hutan cari Jaringan Internet

Anak-anak mengerjakan tugas di sebuah bukit di Desa Tlogoharjo, Kecamatan Giritontro, Wonogiri demi mendapatkan sinyal internet, kemarin (26/7). (ISTIMEWA)

Dia menceritakan, pernah ketika jadwal pelajaran belum jelas, buku pelajaran yang seharusnya dibawanya tertinggal di rumah. Alhasil, dia pun harus turun kembali ke rumahnya. Padahal, jarak rumah dan bukit ditempuh setengah jam dengan berjalan kaki.

Di bukit itu, tak jarang ditemui ular di sekitar naungan yang dibuat anak-anak. Menurut Alfi, tak ada yang berani memegang ular tersebut. “Kalau ada ular minta tolong orang di bawah, diurus sama yang berani ngusir ularnya. Soalnya ularnya besar-besar,” kata dia.

Alfi berharap, sinyal internet bisa tembus sampai rumahnya. “Nanti kalau butuh informasi dari internet nggak perlu ke mana-mana, di rumah bisa akses internetnya,” kata dia.

Ristina Intan Audita, warga Desa Tlogoharjo yang baru saja lulus dari SMK pun masih sering datang ke bukit tersebut. Kemarin dia menemani kedua temannya yang sedang mengerjakan tugas sekolah.

“Sebelum lulus dulu kan sempat ke sini juga waktu pelajarannya online. Gimana caranya kita bisa dapat sinyal,” ungkapnya.

Meskipun begitu, sebelum pembelajaran dengan sistem daring dilakukan, mereka juga sering naik ke bukit tersebut. Lulusan dari SMK Negeri di Donorojo, Pacitan ini mengatakan, hal yang ditakutkan ketika berada di bukit adalah hujan. Sebab, jalan yang dilalui mereka hanyalah batuan, sehingga ketika hujan turun, jalan yang mereka lalui menjadi licin.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...