Dokter: Tangisan Bayi Jangan Diabaikan, Perlu Diperiksakan

Spesialis Anak Siloam Hospitals Makassar, Dr dr Bob Wahyudin, SpAK, CIMI

FAJAR.CO.ID — JADI hal biasa pada tumbuh kembang anak, bukan berarti dibiarkan. Kondisi menangis tanpa henti pada anak juga perlu diperiksakan.

Spesialis Anak Siloam Hospitals Makassar, Dr dr Bob Wahyudin, SpAK, CIMI menyampaikan, ada usia tertentu perlu diperiksakan langsung. “Itu jika usia bayi lebih dari enam bulan,” jelasnya.

Tangisan tanpa henti, kata dokter Bob, bisa dicurigai bukan purple crying kalau terjadi panjang bukan pada malam hari. Serta tidak terjadi tiba-tiba, tetapi selalu menangis pada waktu-waktu tertentu. Sebab ada juga tangisan berkepanjangan bayi saat mengalami alergi dan tidak teratur makannya. Juga ada gangguan pada sistem pencernaannya. Tagisan terjadi di waktu-waktu tertentu, tidak seperti gejala purple crying.

Selain itu, tidak ada tanda-tanda berhenti saat bayi diberikan kiat-kiat dalam menghilangkan gangguan purple crying itu. Kiatnya, matikan lampu ruangan yang ditempati si bayi. Lalu hindari ruangan yang masih memiliki rangsangan cahaya, menggendong sambil menggumam, dan berikan suara-suara monoton. Kata dokter Bob, pijat bayi untuk hal itu juga ada. “Jadi orang tua baiknya mengetahui itu,” tuturnya. (sal/dni)

loading...
Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Komentar

Loading...