Lobi di DPP Masih Dinamis, Pilwalkot Makassar Berpotensi Hanya Tiga Calon

Ilustrasi. (int)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Rekomendasi Partai Demokrat dan PPP untuk Munafri Arifuddin dan Abdul Rahman Bando (Appi-ARB) menguatkan kontestasi politik di Makassar. Bahkan, drama saling telikung partai politik bakal berjalan.

Pengamat Politik Unhas, Andi Lukman Irwan mengatakan, Appi-ARB mempertegas empat figur yang membuat kontestasi politik di Makassar akan jadi corong kontestasi.

Diketahui, saat ini sudah ada empat bakal calon yang akan maju. Selain Appi-ARB, ada Moh Ramdhan ‘Danny”Pomanto-Fatmawai Rusdi (Danny-Fatma), Irman Yasin Limpo- Zunnun NH (None-Zunnun) dan Syamsu Rizal-Fadli Ananda (Dilan).

“Tetapi, dengan tegasnya kubu ini, maka drama itu akan ada pada detik-detik terakhir pendaftaran calon,” paparnya tadi malam.

Mengapa? Sebab, dari figur-figur yang muncul, DPP sebagai institusi tertinggi, akan melihat komitmen para figur untuk unsur partai politik bersangkutan. Sebab, hingga saat ini margin elektabilitias dari seluruh calon tidak berjauhan.

“Drama itu akan menguat dengan adanya tokoh di belakang layar di setiap calon ikut mempengaruhi DPP,” ucapnya.

Itulah, kata dia, dinamika politik Makassar. Secara hitung-hitungan, Pilwalkot Makassar bisa empat calon. “Tetapi, paling berpotensi hanya tiga calon,” tegasnya.

Sebab, partai-partai koalisi lainnya pasti akan lebih menguatkan dengan merangkul koalisi pemerintah. Meski saat ini, di kota Makassar koalisi partai pemerintah belum begitu menguat.

Apalagi, setiap partai politik juga masih menguatkan survei mereka. Penetrasi calon yang cukup stabil akan mendapat B1-KWK sesungguhnya, pada 4 September, atau hari pertama pendaftaran.

Komentar


KONTEN BERSPONSOR