Musda Golkar Bisa Pengaruhi Arah Dukungan di Pilwalkot Makassar

Nurdin Halid, Irman Yasin Limpo dan Zunnun NH.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Hasil musyawarah daerah Partai Golkar Sulsel ikut berpotensi memberi pengaruh besar dalam kontestasi jelang Pemilihan Wali Kota Makassar. Apalagi sejauh ini belum ada keterangan tertulis untuk calon yang didukung.

Menurut pengamat politik Unhas, Andi Lukman menilai musda golkar Sulsel akan sedikit mempengaruhi konstestasi di Pilwalkot Makassar. Hal itu disebabkan belum ada surat rekomendasi resmi dari partai berlambang beringin itu untuk calon atau paket pasangan yang akan diusungnya.

Perubahan internal partai, kata dia, jelas akan mempengaruhi arah dukungan. Terlebih, kembali ke peran tokoh sentral di belakang layar. Terlebih, arena musda yang belum pasti bisa menjadi sinyal kode politik di Makassar ikut berpengaruh.

Bahkan, Golkar cenderung akan lebih menguatkan dukungannya dengan merangkul koalisinya. “Maka arah Golkar juga sangat bergantung pada figur di musda mereka,” tuturnya.

Dihubungi terpisah, pengamat politik Unhas, Adi Suryadi Culla menilai kondisi perubahan internal partai jelas akan berpengaruh pada perubahan dukungan. “Termasuk di Pilwalkot Makassar,” tegasnya.

Terlebih jika nakhoda baru memiliki agenda politik yang berbeda dari sebelumnya. Maka, peninjauan atas dukungan itu akan mendapat dampaknya. Terlebih, hal itu kerap ditemukan pada partai Golkar.

Hal itu, kata dia, juga kembali ke sistem pencalonan. Sebagaimana sistem pra eliminasi pemilu di negara maju. Sehingga belum ada kepastian sebelum detik terakhir pendaftaran.

KONTEN BERSPONSOR

Komentar