Peluang Gibran Dinilai Kecil

Ketua DPC PDIP Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo (kiri), Bacawali Gibran Rakabuming Raka, dan Bacawawali Teguh Prakosa saat menerima rekomendasi. Mereka berencana menemui Achmad Purnomo di kediamannya, namun gagal karena Purnomo menolak ditemui.

FAJAR.CO.ID,JAKARTA — Gibran Rakabuming Raka diprediksi bakal mulus terpilih menjadi wali kota Solo lewat Pilkada 2020. Mulai muncul anggapan bahwa putra Presiden Jokowi itu bakal ditimang maju sebagai capres di Pilpres 2024.

Pengamat politik Maksimus Ramses Lalongkoe menyebut, masa menjabat empat tahun menjadi kepala daerah – jika menang di Pilkada Solo – masih terlalu singkat jadi bekal Gibran ikut kontestasi politik Pilpres 2024.

Gibran dinilai masih perlu banyak belajar, untuk kemudian menjalani karier politiknya di kemudian hari. Apalagi, Pilkada Solo 2020 saat ini juga baru berproses. Gibran belum terpilih untuk menjabat wali kota.

“Saya yakin Presiden Jokowi juga pasti tak menghendakinya, karena bisa dianggap tengah menjalankan dinasti politik. Jadi, saya sebut peluang Gibran maju di Pilpres 2024 sangat-sangat kecil,” ujar Ramses kepada jpnn.com, Senin (27/7).

Baca juga: Video Viral, Pendemo Tak Bisa Bakar Baliho Bergambar Habib Rizieq Sihab

Menurut Direktur Eksekutif Lembaga Analisis Politik Indonesia (L-API) ini, saat maju di Pilkada Solo saja, ada pihak-pihak yang menilai Jokowi tengah menjalankan dinasti politik. Karena itu, Ramses memprediksi peluang Gibran nantinya bakal diusung PDI Perjuangan di Pilpres 2024, sangat kecil.

“Saat ini saja ada pihak-pihak yang menilai pencalonan Gibran bagian dari dinasti politik, sehingga kemungkinan PDIP mencalonkan Gibran itu sangat kecil terjadi,” katanya.

Komentar

Loading...