Pernyataan Megawati Soekarnoputri Bukan Pertanda untuk Gibran

Megawati Soekarnoputri

FAJAR.CO.ID,JAKARTA — Pengamat politik Maksimus Ramses Lalongkoe memprediksi Puan Maharani bakal tampil maju sebagai calon presiden di Pilpres 2024 mendatang.

Ramses memprediksi hal tersebut mengacu pada pernyataan Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, beberapa waktu lalu. Mega menyebut 2024 adalah peralihan generasi bagi partainya.

Ia pun meminta seluruh kader terus berpihak kepada rakyat. B”Kalau ditanya apakah pernyataan Mega itu pertanda mendukung Gibran di Pilpres 2024, analisis saya bisa jadi pernyataan itu untuk Puan, bukan untuk Gibran,” ujar Ramses kepada jpnn.com, Senin (27/7).

Direktur Eksekutif Lembaga Analisis Politik Indonesia (L-API) ini kemudian memaparkan sejumlah alasan untuk memperkuat argumentasinya. Antara lain, terlihat dari tanda-tanda Mega mendukung Puan menempati jabatan Ketua DPR.

Posisi tersebut sangat penting sebagai batu loncatan untuk perjalanan politik yang lebih jauh lagi, yaitu maju di panggung Pemilihan Presiden 2024.

“Saya kira, mendorong Puan menjadi ketua DPR itu bentuk strategi politik lingkaran Mega untuk Pilpres 2024,” ucapnya.

Dosen di Universitas Dian Nusantara (Undira) Jakarta ini mengakui, Jokowi masih akan berpengaruh besar di Pilpres 2024, meski kondisi negara tidak cukup baik saat ini akibat pandemi COVID-19.

Namun, pengaruh tersebut tidak akan digunakan untuk mendukung Gibran maju sebagai calon presiden maupun calon wakil presiden.

Komentar

Loading...