Pesawat Amfibi Buatan Tiongkok Berhasil Lalui Uji Coba

Penampakan pesawat amfibi buatan China AG600 Kunlong. Pesawat tersebut mampu menjalankan misi pemadaman karhutla, pengamanan wilayah bahari, dan kegawatdaruratan. Foto: ANTARA/HO-ChinaNews/mii

Pesawat amfibi mampu lepas landas dan mendarat di atas tanah dan air. Dengan daya jelajah dan kemampuan terbang yang memadai, AG600 dapat melakukan tugas antar-jemput secara efisien antara lokasi kebakaran dan sumber air.

Dalam sekali terbang, pesawat tersebut mampu mengangkut 12 ton air dan menyiramkannya ke area lahan seluas 4.000 meter persegi.

Menurut AVIC, selain pemadam kebakaran dan penyelamatan air, pesawat AG600 dapat dimodifikasi dengan lebih banyak fasilitas agar memenuhi persyaratan misi khusus penggunanya, menurut AVIC.

AVIC akan memfasilitasi pengembangan lebih lanjut dari proyek AG600. Tim pengembangan akan fokus pada pesawat AG600 tipe pemadam kebakaran yang diharapkan rampung pada tahun 2023. AG600 dirancang mampu beroperasi dalam berbagai kondisi cuaca dan lingkungan.

Dalam misi penyelamatan, pesawat tersebut mampu melakukan pencarian korban kecelakaan karena bisa terbang rendah di atas air. Bahkan pesawat tersebut mampu menyelamatkan hingga 50 orang di setiap misi penanganan kecelakaan bahari. (ant/dil/jpnn)

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...