Selain Presiden, Gubernur Ini Paling Banyak Diberitakan Selama Pandemi Covid-19

Presiden Jokowi bersama Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawangsah. (int)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Presiden menjadi salah satu tokoh yang memperoleh “keuntungan” dari penanggulangan pandemik Covid-19 di Indonesia dibanding lima kepala daerah yang juga paling banyak diberitakan.

Hal itu merupakan hasil penelitian pemberitaan media online yang dilakukan oleh pengamat media, Tomi Satryatomo terhadap 400-an media online yang dilakukan sejak 1 Maret hingga 30 Juni 2020.

Dari hasil penelitian menggunakan media analytics, jumlah artikel pemberitaan tentang Covid-19 sebanyak 2.388.299 artikel.

Hal itu lebih tinggi dibanding pemberitaan pemerintah sebanyak 576.623 artikel, pemberitaan pasien Covid-19 sebanyak 365.536 artikel dan lainnya.

Selain itu, Tomi pun menyampaikan bahwa ia juga melakukan penelitian terhadap tokoh-tokoh yang paling banyak diberitakan di 400-an media online dengan periode yang sama.

“Kita lihat yang paling besar pemberitaannya itu Presiden pasti, karena beliau lah yang memegang kendali atas penanggulangan wabah ini. Jadi beliau lah yang mengendalikan narasi keseluruhan tentang penanggulangan wabah,” ucap Tomi Satryatomo dalam diskusi daring bertema Mendamaikan Ekonomi dan Pandemi: New Normal Bukan Back To Normal” yang diselenggarakan oleh Balitbang DPP Partai Demokrat, Minggu (26/7).

Baca juga: Utang BUMN Naik Dua Kali Lipat, Said Didu: Sebaiknya Terbuka Saja, Jangan Ada yang Ditutupi

Di mana, jumlah pemberitaan untuk Presiden di masa Covid-19 sebanyak 71.225 artikel selama 4 bulan terakhir. Kemudian, terdapat empat kepala daerah atau gubernur yang juga dianggap “diuntungkan” dari penanggulangan Covid-19.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...