Tokoh Pers Alwi Hamu Genap 76 Tahun, dari Idjo Itam Berjuang hingga FAJAR

HM Alwi Hamu,

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Tak hanya sosok tokoh pers nasional, Alwi Hamu, dikenal supel dan bersahabat. Pria kelahiran Parepare, 28 Juli 1944, kini genap berusia 76 tahun.

Chairman FAJAR Grup ini pun mulai mengenal dunia jurnalistik sejak remaja. Tercatat, ia sudah menerbitkan majalah stensilan saat masih duduk di bangku SMP, begitu pun saat SMA.

Saat mahasiswa, Alwi bersama Jusuf Kalla (Wakil Presiden Indonesia ke-10 dan ke-12) aktif di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Alwi Hamu dengan kreativitasnya melahirkan buletin HMI di Makassar, “IDJO itam BERDJUANG”.

Keduanya pun menjadi aktivis Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia (KAMI) pada 1966. Bahkan menerbitkan surat kabar “KAMI” pada 1966. JK Menjadi ketua, sedangkan Daeng Alwi- Sapaan Karib JK kepada Alwi Hamu- menjabat sekretaris.

Demi idealisme jurnalistik, putra Haji Muhammad Syata dan Hj Ramlah ini pun pernah divonis enam bulan penjara.

Satu Oktober 1981, Alwi mendirikan Fajar yang telah menjadi media besar di tanah air. Di usia 76 tahun ini Alwi pun masih aktif di dunia pers, dengan menakhodai organisasi Serikat Perusahaan Pers (SPS).

Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Firdaus menilai sosok Alwi Hamu salah seorang panutan di dunia pers.

“Pak Alwi itu salah satu tokoh pers yang jadi panutan. Kami banyak belajar dari beliau, bagaimana membangun media dan membangun jejaring di berbagai kalangan dengan tetap menjujung integritas.”jelasnya.

Komentar

Loading...