BSN Perkenalkan Standar Nasional Satuan Ukuran

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pengukuran berperan vital dalam berbagai bidang kehidupan, misalnya pengukuran dalam kebutuhan rumah tangga seperti air ledeng dan listrik, atau kebutuhan bidang kesehatan seperti pengukuran sampel darah dan sinar laser.

Pengukuran memiliki dampak kesehatan, dampak ekonomi, dampak pengelolaan lingkungan hidup dan dampak lainnya. Karenanya, ketertelusuran pengukuran menjadi sangat penting. Seluruh elemen masyarakat memerlukan kepastian ukur mengukur dalam kehidupan sehari-hari.

“Karenanya, Badan Standarisasi Nasional (BSN) diberi tugas untuk memastikan semua pengukuran tertelusur kepada pengukuran internasional di dalam UU No 20 Tahun 2014,” jelas Kepala BSN, Kukuh S Achmad, saat membuka webinar Knowledge Sharing ‘Mengenal Lebih Dekat Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU)’ yang diselenggarakan oleh Kantor Layanan Teknis (KLT) BSN Makassar secara online pada Selasa (28/7/2020).

Indonesia turut aktif dalam kegiatan internasional terkait pengukuran melalui SNSU BSN, yakni di Organisasi Bureau International de Poids et Mesures (BIPM) atau biro internasional untuk ukuran dan timbangan yang bermarkas di Paris, Prancis. Semua pengukuran di seluruh dunia harus tertelusur ke standar-standar pengukuran yang dikelola BIPM.

Deputi Bidang Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU), Hastori dalam kesempatan tersebut menjelaskan bahwa BSN bertanggungjawab melalui Kedeputian SNSU yang berfungsi memastikan bahwa seluruh pengukuran di Indonesia itu benar dan diterima oleh masyarakat internasional.

Komentar

Loading...