Covid-19 Bisa Menular Lewat Saluran Cerna

Ilustrasi virus Covid-19 (Nexu Science)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Penyakit Covid-19 yang awalnya menyerang paru ternyata sudah terbukti bisa menyerang organ lain termasuk sistem saluran pencernaan.

Caranya menular dari satu orang ke orang lain yang tadinya diketahui melalui droplet dan kontak ternyata bisa menular secara aerosol dan airborne.

Karena penularan secara aerosol maka tindakan endoskopi saluran cerna merupakan tindakan yang berisiko tinggi untuk terjadinya penularan. Para tenaga medis ikut berisiko tertular saat menangani pasien.

Oleh karena itu dilakukanlah penelitian tentang dampak pandemi global pada pelayanan kesehatan gastrointestinal di Indonesia. Untuk menjawab hal tersebut telah dilakukan penelitian pada Mei dan Juni 2020 melalui kuisioner mengenai praktik gastroenterologi klinis dan endoskopi gastrointestinal selama pandemi Covid-19 di Indonesia.

Penelitian ini dikerjakan oleh tim peneliti dr. Ahmad Fariz Malvi Zamzam Zein, SpPD (FK,Unswagati Cirebon), dr. Rabbinu Rangga Pribadi, SpPD (FKUI/RSCM), Uswatun Khasanah (FK,Unswagati Cirebon) , Dr. dr. Begawan Bestari, SPPD, K-GEH, MKes, FACG, FASGE, FINASIM (FK UNPAD/RS Hasan Sadikin), serta Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, MMB, SpPD, K-GEH, FACP, FACG, FINASIM selaku Ketua Umum PB PEGI

Perhimpunan Endoskopi Gastrointestinal Indonesia (PEGI) serta Dekan FK UI.

“Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pandemi penyakit akibat Coronavirus (Covid-19) yang mendesak peningkatan keamanan pada pelayanan kesehatan baik untuk tenaga kesehatan dan pasien. Penelitian yang dilakukan meliputi tata cara praktik Gastroenterologi dan Endoskopi Gastrointestinal di era Covid-19,” kata Ari kepada JawaPos.com.

Komentar

Loading...