Jelang Iduladha, PD Pasar Makassar Perketat Protokol Kesehatan

Dirut PD Pasar Makassar, Basdir.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Protokol kesehatan di setiap sektor harus dilaksanakan di era new normal seperti sekarang ini terutama di area publik seperti pasar tradisional. Terlebih menjelang perayaan Idul Adha 31 Juli mendatang, pengunjung pasar diprediksi bakal membludak.

Direktur Utama PD Pasar Kota Makassar, Basdir menyampaikan pihaknya sejak Maret lalu telah melakukan edukasi, sosialisasi dan penerapan protokol kesehatan di pasar-pasar tradisional. Jelang Idul Adha, protap pencegahan akan lebih diperketat sebagai antisipasi menghadapi lonjakan pengunjung.

“Jelang lebaran Idul Adha selalu terjadi lonjakan pengunjung di pasar-pasar, utamanya pasar tradisional. Sejak Maret kami PD Pasar telah melakukan edukasi, sosialisasi dan penerapan protokol kesehatan di pasar-pasar tradisional,” kata Basdir saat ditemui di kantornya, Selasa (28/7/2020).

Baginya, tantangan mengurus pasar sangat jauh berbeda dengan mengurus mall dan pasar modern lainnya. “Mereka di sana pengunjung dan pengusahanya tertib. Tapi kalau di pasar pengunjung dan pedagangnya terkadang ngeyel,” ujarnya.

“Tetapi itu menjadi tantangan kami di PD Pasar untuk melakukan himbauan, edukasi, bahkan kita bisa memberi sanksi jika telah berkali-berkali diberikan himbauan,” sambung Basdir.

Ia memastikan di seluruh pasar tradisional di Makassar telah disiapkan westafel portable untuk cuci tangan di setiap pintu-pintu masuk. Juga dipasang spanduk berupa himbauan serta disiagakan petugas dari unsur TNI dan Polri.

Komentar

Loading...