6 Bule Menggelandang di Badung

Bule Rumania Aristotel Silviu Budi Lucar digelandang ke RSJ Bangli setelah menggelandang di Kuta, Badung. (Wayan Widyantara/Radar Bali)

FAJAR.CO.ID, BALI — Satpol PP Badung setidaknya telah mengamankan sebanyak enam orang warga negara asing (WNA) yang ditemukan menggelandang.

Jumlah itu terdata selama bulan Juli saja. Hampir semua WNA yang menggelandang tersebut dikarenakan kehabisan bekal selama berada di Bali, sehingga tidak bisa kembali ke negaranya masing-masing.

“Ada 6 warga asing selama bulan Juli. Mereka rata-rata kehabisan bekal ,” ujar Kasatpol PP Badung I Gusti Ketut Agung Suryanegara, Rabu (29/8).

Dijelaskannya, keenam WNA tersebut terdiri dari 1 WNA Amerika, 1 Rumania, 1 Inggris, 1 Prancis, dan 2 WNA Amerika.

Dikatakannya bahwa sejumlah WNA itu terjebak selama di Bali. Mereka kehabisan bekal selama pandemi Coronavirus Disease (Covid-19).

Selama itu, mereka tidak bisa pulang ke negaranya karena tidak adanya jadwal penerbangan. Dicontohkan Suryanegara, misalnya ada WNA yang kehabisan uang, WNA tersebut tidak bisa serta merta meminta uang ke konsulatnya.

“Harus ada laporan dulu dan diperkuat pejabat daerah bahwa WNA tersebut terlunta-lunta. Setelah itu diproses di imigrasi dan Imigrasi

yang menelepon konsulatnya. Nanti, konsulat yang menanggung biayanya. Begitu alurnya,” bebernya.

Suryanegara mengharapkan agar ke depannya jika ada WNA yang kembali menggelandang karena kehabisan uang agar berinisiatif melapor ke Imigrasi.

Sehingga keadaan itu segera tertangani dan yang bersangkutan tidak hidup menggelandang selama berada di Bali.

Komentar

Loading...