Iran Hancurkan Replika Kapal Induk Amerika dengan Rudal, Pasukan AS Siaga di UEA dan Qatar

Tiruan kapal induk Amerika Serikat. Foto: Maxar Technologies bia AP

FAJAR.CO.ID, TEHERAN — Dalam sebuah latihan perang di Selat Hormuz, Iran menembakkan rudal menghancurkan tiruan kapal induk Amerika Serikat (AS).

Mengutip BBC, tiruan kapal AS yang sering berlayar di wilayah Teluk itu, dihadirkan lengkap dengan jet tempur bohongan di kedua sisi jalur pendaratannya. Rudal kemudian diluncurkan dari berbagai sudut, termasuk beberapa yang ditujukan pada tiruan kapal induk itu.

Tidak diketahui tujuan Iran tersebut, latihan militer yang terbilang berat itu disiarkan di televisi dan digelar di saat ketegangan antara Teheran dan Washington, di perairan Teluk meninggi.

Menanggapi latihan militer Iran itu, Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) melemparkan kritikan tajam. Angkatan Laut AS mengatakan bahwa mereka sedang memantau latihan itu dengan cermat.

Dalam sebuah pernyataan, Angkatan Laut AS menyebut bahwa latihan perang turut melibatkan tiruan kapal induk AS, sebagai upaya Iran untuk mengintimidasi dan memaksa, tanpa mengklarifikasi siapa atau untuk tujuan apa.

“Kami menyadari latihan Iran yang melibatkan serangan terhadap tiruan kapal yang mirip dengan kapal induk tak bergerak,” ucap juru bicara Armada Kelima AS, Rebecca Rebarich, lansir Sputnik.

Militer AS menyebut bahwa rudal balistik yang ditembakkan dalam latihan militer Iran itu terdeteksi radar, dan membuat pasukan AS di Uni Emirat Arab (UEA) dan Qatar disiagakan. (mg8/jpnn/fajar)

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...