Jelang Iduladha, Pengurusan Surat Bebas Covid Membeludak

FOTO: IKBAL/FAJAR

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Pengurusan Surat Keterangan (Suket) Bebas Covid-19 meningkat jelang lebaran Iduladha. Bahkan, dalam sehari bisa mencapai ratusan orang yang mengurus.

Surat tersebut bisa didapatkan di Posko Induk Info Covid-19 Makassar, Jl Nikel Raya. Persyaratannya pun tak susah. Cukup menunjukkan fotocopy KTP dan hasil rapid test atau swab saja.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Makassar, Muhammad Rusly menilai, lonjakan pembuatan suket bebas covid lantaran mendekati lebaran Iduladha.

"Seminggu terakhir ramai orang yang mengurus. Mungkin karena mau pakai pulang kampung. Dalam sehari sekarang itu ada sekitar 100-an orang yang mengurus," ujarnya, Rabu (29/7/2020).

Rusly menjelaskan, pengurusan surat rekomendasi perjalanan ini tidak dipungut biaya. Asal persyaratannya lengkap, surat rekomendasi bisa langsung dibuatkan. Kurang dari 5 menit.

"Gratis untuk semua masyarakat baik dari Makassar maupun luar Makassar. Yang penting dia sudah rapid atau swab sebagai bukti bahwa dia dalam keadaan bebas dari Covid-19," jelasnya.

Pelayanan pembuatan rekomendasi ini, kata dia, buka dari pukul 08.00 sampai pukul 21.00 Wita. "Petugas kami standby terus di sana untuk melayani masyarakat. Kita buka setiap hari," tandasnya.

Hingga kini, jumlah masyarakat yang mengurus suket bebas covid sudah mencapai 700-an. Hal itu dinilai akan terus bertambah hingga besok. (ikbal/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam


Comment

Loading...