PAN Bicara Kemungkinan Putra Jokowi Lawan Kotak Kosong

SIAP HADAPI PILKADA: Gibran Rakabuming Raka berpotensi bakal ditantang BRA Putri Woelan Sari Dewi, cucu Paku Buwono. (JAWA POS RADAR SOLO)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Partai Amanat Nasional (PAN) secara mantap memberikan dukungan terhadap putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka di Pilwali Solo 2020.

“Kalau untuk Kota Solo ya Gibran,” ujar Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan di Kantor DPP PAN, Jalan Daksa, Jakarta, Rabu (29/7).

Dengan adanya dukungan PAN ke Gibran, besar kemungkinan putra sulung Presiden Jokowi itu akan melawan kotak kosong di Pilwali Solo yang digelar pada Desember 2020 mendatang. Gibran sudah mendapatkan dukungan dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Golkar, Partai Gerindra, dan PAN.

Menanggapi Gibran bakal menghadapi kotak kosong, Zulkifli Hasan mengatakan bahwa dalam aturan jika calon kepala daerah tidak memiliki lawan akan melawan kotak kosong. “Konsekuensi dari pilihan demokrasi begitu ya, kan itu sesuai perundang-undangan yang berlaku,” katanya.

Dengan aturan tersebut, jika Gibran melawan kotak kosong maka harus dijalani juga. Jangan tidak ada lawan di Solo maka Gibran dilarang untuk maju di hajatan serentak kepala daerah tersebut.

“Kalau enggak ada yang menantang terus bagaimana. Masa enggak ada yang maju,” ungkapnya.

Meski begitu, Zulkifli mengatakan kandidat yang terpilih melawan kotak kosong tetap sah. Karena memang kandidat yang terpilih memiliki kekuatan politik yang besar di daerahnya.

“Kan sah juga. Jadi nanti biar rakyat yang mililih, mau memilih ini atau kotak,” tuturnya.

KONTEN BERSPONSOR

Komentar