PKS Siapkan Putri Woelan Sari Dewi Menantang Gibran-Teguh

Rabu, 29 Juli 2020 11:34

SIAP HADAPI PILKADA: Gibran Rakabuming Raka berpotensi bakal ditantang BRA Putri Woelan Sari Dewi, cucu Paku Buwono. (JA...

FAJAR.CO.ID, SOLO — Calon tunggal dalam pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Solo berpeluang tidak terwujud. Itu terjadi apabila Partai Keadilan Sejahtera (PKS) berhasil menggalang koalisi untuk memunculkan calon alternatif melawan pasangan Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa yang diusung PDIP.

Ya, dengan hanya memiliki lima kursi di DPRD Solo, PKS belum memenuhi syarat untuk mengajukan pasangan calon. Masih kurang empat kursi untuk mencapai syarat minimal 20 persen kursi DPRD.

’’Masih ada harapan. Kami berusaha Solo ada calon alternatif,’’ kata Ketua DPW PKS Jawa Tengah Abdul Fikri Faqih kepada Jawa Pos kemarin (28/7). Koalisi yang terbentuk nanti memiliki waktu untuk mencari figur calon sebelum pendaftaran ke KPU pada 4–6 September.

Faqih belum yakin semua partai pemilik kursi di DPRD Solo sudah mendukung Gibran. Sejauh ini, kata dia, baru PDIP yang secara terang mendukung pasangan Gibran-Teguh melalui surat keputusan rekomendasi. Partai lain seperti PAN dan Gerindra yang masing-masing punya tiga kursi belum mengeluarkan rekomendasi secara tertulis. Hanya berupa dukungan secara lisan dari elite partai. ’’Artinya, kan masih ada kesempatan. Apa pun bisa terjadi sebelum keluar rekom tertulis,’’ kata wakil ketua Komisi X DPR itu.

Dia berharap pilkada Solo tidak sampai memunculkan calon tunggal. Jika calon tunggal, Gibran-Teguh akan melawan kotak kosong. ’’Itu tidak kondusif bagi Solo,’’ tegasnya. Selain itu, berimplikasi negatif bagi perkembangan demokrasi. Sebab, aspirasi dari pihak yang tidak mendukung Gibran tidak bisa tersalurkan. Itu akan berakibat rendahnya tingkat partispasi pemilih.

Komentar


VIDEO TERKINI