Sebar Kabar soal Baju Tentara Tiongkok, Pria Ini Ditangkap

Rabu, 29 Juli 2020 21:39

Ilustrasi Tersangka

FAJAR.CO.ID,JAKARTA — Seorang lelaki berinisial AC harus berurusan dengan kepolisian di Jakarta Utara lantaran menyebarkan hoaks soal banyaknya baju tentara Tiongkok dicuci di Kelapa Gading.

Kapolres Jakarta Utara Kombes Budhi Hardi Susianto mengatakan, tersangka diketahui berusia 35 tahun. Dia menyebarkan hoaks melalui postingan di media sosial.

“Dari kejadian ini kami lakukan proses, mendalami, menelusuri, asal sumber berita disebarluaskan sehingga kami menemukan tersangka AC, 35, tinggal di Jakarta Timur,” kata Budhi dalam keterangan kepada wartawan di Jakarta, Rabu (29/7).

Budhi menuturkan, dari hasil pemeriksaan AC bukanlah pembuat materi video tersebut.

Tersangka mengaku hanya ikut membagikan agar orang lain waspada tanpa tahu kebenaran isi video tersebut. “Dia ini ingin menyampaikan informasi yang sebenarnya dia terima juga dari orang lain, tetapi belum dia cek lagi. Oleh dia dianggap seolah-olah sudah benar, sehingga dia sebarkan. Sehingga menyebar ke medsos dan viral,” beber Budhi.

Sebelumnya sebuah video viral di media sosial menunjukan sejumlah baju yang diduga seragam tentara Tiongkok dicuci di tempat laundry di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Terkait hal itu, Polres Metro Jakut telah melakukan pengecekan ke 44 lokasi laundry di Kelapa Gading. Hasilnya tidak ditemukan tempat laundry yang sesuai dengan di video.

Polisi juga menelusuri bahasa dan atribut yang tertera di seragam tersebut dengan menggandeng ahli bahasa. Semua yang tertera ternyata tidak menunjukkan berasal dari Tiongkok.

Komentar


VIDEO TERKINI