Bertemu Djoko Tjandra, Jaksa Pinangki Sirna Malasari Disanksi

  • Bagikan

Sementara itu, Kejaksaan Agung akhirnya menyampaikan hasil pemeriksaan dan klarifikasi terhadap sejumlah pegawai yang diduga terlibat dengan Djoko Tjandra maupun pengacaranya. Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung Hari Setiyono menyebutkan, tidak ditemukan adanya pelanggaran disiplin oleh Kajari Jakarta Selatan Nanang Supriyatna.

Namun, pelanggaran disiplin ditemukan pada oknum jaksa yang berfoto bersama pengacara Djoko, Anita Kolopaking. Foto tersebut tersebar di media sosial dan dilaporkan Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) ke Komisi Kejaksaan. Pemeriksaan terhadap oknum jaksa tersebut ditingkatkan menjadi inspeksi khusus.

’’Telah ditemukan adanya bukti permulaan pelanggaran disiplin oleh terlapor Pinangki Sirna Malasari sehingga ditingkatkan pemeriksaannya,’’ jelas Hari kemarin. Pinangki diketahui merupakan kepala Sub Bagian Pemantauan dan Evaluasi II pada Biro Perencanaan Jaksa Agung Muda Pembinaan (Jambin).

Hari melanjutkan, pelanggaran yang ditemukan, antara lain, Pinangki melakukan perjalanan ke luar negeri tanpa mendapat izin tertulis dari pimpinan. Perjalanan tanpa izin itu bahkan dilakukan hingga sembilan kali selama 2019.

Pinangki juga dinyatakan melanggar karena bertemu dengan Djoko Tjandra yang merupakan buron Kejagung. Untuk itu, Pinangki dijatuhi hukuman disiplin dalam SK KEP-IV-041/B/WJA/07/2020 yang dikeluarkan wakil jaksa agung berupa penjatuhan hukuman disiplin (PHD) berat. Yakni, pembebasan dari jabatan struktural. (jpc/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan