Ingat! Hewan Kurban Wajib Punya Surat Keterangan Sehat


FAJAR.CO.ID, GOWA– Lebaran Idul Adha 1441 Hijriyah sebentar lagi. Sudah banyak penjual hewan kurban bertebaran di setiap jalan.

Seperti yang terpantau di Jalan Tun Abdul Razak, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa. Sudah banyak penjual hewan kurban di sana.

Namun, Dinas Peternakan dan Perkebunan Gowa mengingatkan kepada setiap penjual hewan kurban, untuk mengantongi surat keterangan sehat untuk setiap ekor hewan yang dijual.

“Itu wajib (Surat Keterangan Sehat). Sapi atau kambing yang dijual untuk kurban, harus dilengkapi dengan surat. Karena bagaimana orang mau pastikan layak atau tidak,” kata Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Gowa, Suhriati, Kamis (30/7/2020).

Kelayakan hewan kurban yang siap dipotong harus diperhatikan. Diantaranya mata warna merah, hidung terlihat basah, dan berdiri tegak.

Setiap penjual hewan kurban wajib membuat surat tersebut di Dinas Peternakan dan Perkebunan Gowa, dalam waktu yang telah ditentukan

“Pemeriksaan itu dilakukan oleh kami. Waktu pemeriksaan itu empat minggu sebelum hari H. Makanya harus dilakukan. pemeriksaan kesehatan terkait kelayakan dan kesehatannya,” pungkas Suhriati.

Pada tahun 2020 ini, pihaknya memasok sapi kurban sebanyak 6.112 ekor. Sedangkan kambing sebanyak 575 ekor.

Ada penambahan pasokan terhadap sapi kurban sekitar seribu ekor, jika dibandingkan dengan tahun 2019 lalu yang hanya sekitar lima ribu ekor sapi.

Komentar

Loading...