Jemaah An-Nadzir Lebih Dulu Salat Iduladha, Protokol Kesehatan Diterapkan

Kamis, 30 Juli 2020 17:33

Jemaah An-Nadzir

FAJAR.CO.ID, GOWA — Suasana perkampungan jemaah An-Nadzir di Kabupaten Gowa tampak tenang dan damai. Terutama saat jemaah di sana menggelar salat Iduladha 1441 Hijriyah, Kamis (30/7/2020) pukul 07.00 Wita, pagi tadi.

Jemaah yang identik dengan pakaian serba hitam ini tampak khusyuk saat menjalankan salat yang digelar setahun sekali itu.

Anak-anak di sana pun tampak riang gembira. Bahkan, mereka juga sempat ikut melaksanakan salat Iduladha di Masjid Baitul Muqaddis An Nadzir, yang terletak di Kelurahan Romang Lompoa, Kecamatan Bontomarannu.

Hari ini, puluhan jemaah tersebut memang lebih dulu menggelar salat Iduladha dibandingkan pemerintah, yang jatuh pada 31 Juli 2020, besok.

Pimpinan jemaah An-Nadzir, M Samiruddin Pademmui, mengatakan, perayaan tahun ini berdasarkan hasil pemantauan bulan oleh Tim Tujuh yang dibentuk pada bulan ramadhan beberapa waktu lalu.

Kata ustaz Samir, jemaah ini mengamati bulan purnama, dan jam terbitnya bulan akhir.

Mereka juga melihat bayangan bulan akhir yang bersusun pada subuh hari, dengan menggunakan kain tipis warna hitam.

Tim ini juga mengamati fenomena alam yang terjadi di saat menjelang pergantian seperti angin, hujan, kilat dan petir.

Terakhir, Tim Tujuh ini memperhatikan air pasak pada laut yang menjadi tanda terakhir terjadinya pergantian bulan.

“Lima parameter inilah yang menjadi standar dasar pemantauan bulan. Tim tujuh yang diberi amanah memantau bulan,” kata Ustaz Samir saat dikonfirmasi.

Bagikan berita ini:
1
8
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar