Operasi White Corn Berhasil Gagalkan Narkoba 200 Kg dari Myanmar

FOTO: FAISAL R. SYAM / FAJAR INDONESIA NETOWRK.

FAJAR.CO.ID JAKARTA – Narkotika jenis sabu seberat 200 kilogram (kg) berhasil diamankan aparat Bareskrim Polri. Sabu dikemas dalam karung-karung jagung untuk mengelabui aparat.

Wakabareskrim Polri Irjen Pol Wahyu Hadiningrat, mengatakan aparat dari Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri bersama Polda Bangka Belitung dan Ditjen Bea dan Cukai menyita 200 kg sabu asal Myanmar. Sabu sebanyak itu, dikemas dalam karung-karung berisi jagung kering.

“Melalui operasi dengan sandi ‘White Corn 2020’, kami berhasil mengungkap 200 kg sabu-sabu,” katanya saat konferensi pers di Kompleks Pergudangan di Cikarang, Jawa Barat, Rabu (29/7).

Dikatakan Wahyu, barang haram sabu tersebut berasal dari Myanmar yang diselundupkan melalui jalur laut. Sabu dari Myanmar transit di Malaysia.

“Setelah itu masuk ke Indonesia melalui Batam, Bangka Belitung, dan ke Jakarta melalui Pelabuhan Tanjung Priok,” ungkapnya yang juga didamping Kapolda Bangka Belitung Irjen Pol Anang Syarif Hidayat dan juga Dirjen Bea Cukai Heru Pambudi.

Dijelaskan Wahyu, dalam rute perjalanannya, untuk mengelabui petugas, 200 kg sabu itu dikemas dalam plastik putih yang disembunyikan dalam 420 karung berisi jagung.

“Dari satu karung berisi jagung, di dalamnya ada empat bungkus sabu,” ujar Wahyu.

Selain sabu seberat 200 kg, Polri juga mengamankan empat orang pelakunya. Salah seorang diantaranya adalah wanita.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Adi Mirsan


Comment

Loading...