Proses Taksasi Selesai, Dispora Kebut Lelang Stadion Mattoanging

Stadion Mattoanging. FOTO: ABE BANDOE/FAJAR

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) terus mempersiapkan proses lelang konstruksi Stadion Mattoanging, tahap pertama. Sebelum tender, proses taksasi harus dirampungkan.

Tahapan tender untuk proyek Stadion Mattoanging tahun ini sebetulnya sudah berjalan. Hanya saja belum masuk konstruksi. Pihaknya masih dalam tahap tender DED dengan anggaran Rp25 miliar serta tender manajemen konstruksi dengan anggaran Rp4 miliar.

Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Sulsel, Muhlis mengatakan, pihaknya masih menunggu proses taksasi rampung. Tahapan ini, kata dia, untuk menghitung seluruh nilai aset Pemprov Sulsel yang ada di kawasan Stadion Mattoanging.

Sembari proses itu berjalan, pihkanya terlebih dahulu melakukan tender pelaksanaan Desain Enginering Detail (DED). Proses ini belum rampung. Masih tahapan lelang untuk penyusunan seluruh konsep pengembangan stadionnya.

“Makanya sampai sekarang anggaran konstruksinya belum terserap. Kan sempat tertahan karena taksasi belum bisa dilakukan. Sekarang proses taksasi sudah berjalan. Artinya pembangunan tetap berlanjut,” bebernya kepada FAJAR, kemarin.

Kata dia, alokasi yang disiapkan Pemprov Sulsel mencapai Rp200 miliar. Sementara kebutuhannya Rp1 triliun. Makanya, pemprov bergerilya mencari anggaran. Dari APBN hingga pemanfaatan dana pihak ketiga.

“Sudah ada konsep desain awal yang direncanakan. Jadi perencanaan awal itu tak ada lintasan atletik agar jarak penonton dengan pemain lebih dekat. Akan ada venue khusus untuk aktivitas atletik,” bebernya.

Komentar

Loading...