Surat Jalan Djoko Tjandra, Polri Sebut Brigjen Prasetijo Utomo Mau Membantu

Djoko Tjandra-Brigjen Prasetijo Utomo

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Kadiv Humas) Polri Irjen Argo Yuwono mengungkat motif Brigjen Prasetijo Utomo, membantu pelarian Djoko Tjandra dengan menerbitkan Surat Jalan. Hasil pemeriksaan Prasetijo bertindak atas inisiatif sendiri.

“(Motifnya) mau menolong saja,” kata Argo saat dikonfirmasi, Kamis (30/7).

Kendati demikian, Argo belum merinci maksud dari niat menolong tersebut. Menurutnya, Prasetijo bisa mengenal Djoko Tjandra melalui temannya. Namun, belum diketahui pula sejak kapan perkenalan itu terjadi.

“Dikenalin temannya,” jelas Argo.

Sebelumnya, jerat pidana menanti Brigjen Pol Prasetijo Utomo setelah resmi ditetapkan sebagai tersangka. Dia ditetapkan sebagai tersangka kasus pemalsuan surat untuk Djoko Tjandra.

Penetapan tersangka terhadap Prasetijo dilakukan berdasarkan hasil gelar perkara yang dilakukan oleh penyidik pada Senin (27/7) pagi yang dihadiri oleh Itwasum Polri, Divisi Propam Polri, Rowassidik Polri, para direktur dan seluruh penyidik yang tergabung dalam Tim Khusus pengungkapan kasus Surat Jalan Djoko Tjandra.

Sebelum itu, Kapolri Jenderal Idham Azis sudah mencopot Prasetijo dari jabatannya sebagai Karo Korwas Bareskrim Polri. Pencopotan ini tertuang dalam Surat Telegram (TR) Kapolri bernomor ST/1980/VII/KEP./2020 tertanggal 15 Juli 2020. Dalam surat tersebut, Prasetijo dimutasi menjadi Perwira Tinggi (Pati) Yanma Mabes Polri, dalam rangka pemeriksaan. (jpc/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hamsah umar


Comment

Loading...