Narapidana Ikut Sembelih Hewan Kurban di Balik Jeruji Besi

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Perayaan Iduladha 1441 Hijriyah di balik kawat besi Rumah Tahanan (Rutan) Kelas 1 Makassar, tak jauh beda dengan lingkungan masyarakat luar.

Sejumlah narapidana turut serta berpartisipasi dalam hari raya umat Muslim ini. Setelah mengikuti salat yang digelar sekali setahun itu, para napi tak langsung kembali ke jeruji mereka masing-masing.

Beberapa dari mereka ada yang memegang sebilah parang, lalu menyembelih dua ekor sapi dan enam ekor kambing pada saat itu juga.

"Penyembelihan hewan kurban dilakukan sekaligus. Seekor sapi dan enam ekor kambing akan diolah di dapur umum untuk dibagikan untuk jatah makan siang dan malam. Sementara yang 1 ekornya lagi dibagikan kepada kaum dhuafa di sekitar kantor Rutan," kata Kepala Rutan Kelas I Makassar Sulistyadi, Sabtu (1/8/2020).

Daging hasil kurban itu diolah menjadi masakhan khas Sulawesi Selatan, yakni Konro. Makanan yang disajikan dalam bentuk tulang sapi dan mengandung banyak zat yang bermanfaat untuk kesehatan.

Tak lupa juga dengan kekenyalan daging dan gurihnya sajian konro tersebut, yang enak disantap bersama ketupat yang mengenyangkan.

Kata dia, proses penyembelihan dan pengolahan makanan dilakukan oleh warga binaan yang diawasi langsung oleh panitia kurban, didampingi oleh para petugas pengamanan.

"Meskipun dibatasi oleh terali besi, setidaknya semangat untuk berqurban tetap bisa dirasakan oleh warga binaan. Ini juga diharapkan mampu mempererat silaturrahmi," ucap Kepala Sub Seksi Bantuan Hukum dan Penyuluhan, Angga Satrya. (Ishak/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam


Comment

Loading...