Begini Cara Aman Makan di Restoran Menggunakan Wadah Berulang

Ilustrasi (Pixabay.com)

FAJAR.CO.ID --Sepanjang pandemi, meningkatnya kebutuhan akan alat pelindung diri (APD) dan penggunaan peralatan sekali pakai di restoran telah berkontribusi terhadap peningkatan sampah plastik.

Banyak pihak beranggapan bahwa wadah makan dan minum yang dapat digunakan kembali tak higienis. Akan tetapi beberapa restoran menepis hal ini. Pihak restoran meyakinkan bahwa wadah yang mereka sediakan cukup aman, pasalnya langkah strerilisasi dilakukan setiap hari setelah wadah digunakan.

Dosen FKM Unhas Pengelola P2KKN Unhas, Awaluddin mengatakan salah satu syarat sanitasi dan higiene makanan, yaitu memastikan peralatan alat- alat makan ditempat umum harus memenuhi unsur higiene. Ini untuk memastikan makanan yang dikonsumsi oleh masyarakat, bebas kontaminasi.

"Makanan yang selanjutnya, dapat mengakibatkan keracunan makanan atau terjadinya penularan pemyakit infeksi melalui makanan atau food borne disease,"tuturnya.

Keadaan higiene makanan atau minuman antara lain dipengaruhi oleh higiene alat masak, dan alat makan yang dipergunakan selama proses penyediaan makanan dan minuman.

Pada situasi dan kondisi di tempat umum, layanan penyediaan makanan dan minuman sangat banyak dilakukan oleh usaha masyarakat. Baik dalam bentuk usaha kuline dikota Makassar atau kota kota lainnya.

"Sayangnya, usaha kuliner ini masih ada yang mengabaikan unsur sanitasi atau higiene makanan di tempat usaha kuliner, padahal bila usaha kuliner ditempat umum mengabaikan hal tersebut,"Tuturnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Redaksi


Comment

Loading...