Diklaim Mereplikasi Reaksi Sinar Matahari, Intip Cara Kerja Fusi Nuklir Terbesar di Dunia

Ilustrasi: Proyek fusi nuklir terbesar di dunia mulai berjalan. (ITER)

FAJAR.CO.ID — Proyek fusi nuklir terbesar di dunia mulai berjalan dan sedang dirakit di Prancis. Nantinya, fusi nuklir tersebut diklaim akan mereplikasi reaksi sinar matahari untuk menciptakan sumber energi bersih utama.

Terletak di Provence, Prancis, Reaktor Eksperimental Termonuklir Internasional – atau ITER, fusi nuklir tersebut diharapkan mulai memberikan energi pada 2035.

Kekuatan fusi bekerja dengan menumbuk atom hidrogen berat untuk membentuk helium, melepaskan sejumlah besar energi dalam proses. seperti yang terjadi secara alami di pusat bintang.

Dalam konsep semacam itu, gravitasilah yang mengatasi kecenderungan atom hidrogen yang terisi untuk saling menjauh seperti dua ujung positif dari sebuah magnet. Namun, di ITER, melakukannya dengan membuat cincin gas super panas yang diisi yang disebut plasma. Panasnya mencapai sekitar 27o juta derajat Fahrenheit yang akan ditahan oleh magnet.

Untuk jumlah bahan bakar yang sama, fusi nuklir tersebut dikatakan dapat menghasilkan sekitar empat kali energi dari pembangkit tenaga nuklir konvensional uang menggunakan reaksi pembelahan atom, fisi, reaksi. Fusi tersebut dijuluki ‘keajaiban bagi planet kita’, menggunakan bahan bakar yang mudah didapat dan menyediakan energi yang murah, bersih, dan aman tanpa limbah radioaktif atau risiko kehancuran.

Tujuh mitra internasional utama dilaporkan telah berkolaborasi untuk menghadirkan kekuatan fusi praktis ITER menjadi kenyataan. Mitra internasional dimaksud adalah Tiongkok, Eropa, India, Jepang, Rusia, Korea Selatan, dan Amerika Serikat (AS).

Komentar

Loading...