Identitas Asli Muslianto Terbongkar Setelah 12 Tahun, Serka H Purba Bakal Terima Reward

TNI gadungan berpangkat Peltu Muslianto (dua kiri) dan barang bukti perlengkapan tentara yang digunakan tersangka selama 12 tahun. Foto: pojoksatu.id

FAJAR.CO.ID, MEDAN - Muslianto, 50, warga Kompleks IDI, Jalan Pintu Air IV, Kelurahan Kwala Bekala, Kecamatan Medan Johor, diamankan Babinsa Koramil 0201-05/Medan, Sumut, Kamis (30/7/2020).

Sebab, pria tersebut mengaku sebagai prajurit TNI Angkatan Darat (AD) untuk pengamanan sejumlah kegiatan proyek. Ternyata menjadi TNI gadungan berpangkat Pembantu Letnan Satu (Peltu) tersebut sudah dilakoninya selama 12 tahun.

Terbongkarnya identitas Muslianto ini berawal saat Kamis (30/7/2020) berpapasan dengan Babinsa Koramil 0201-05/Medan Baru, Serka H Purba di kawasan Jalan Luku, tak jauh dari Fly Over Simpang Pos.

Serka Purba melihat ada keganjilan pada seragam PDL NKRI yang dipakai Muslianto. “Saat berpapasan di atas sepeda motor, Serka H Purba melihat seragam PDL yang dipakai pelaku tidak sesuai aturan yang berlaku,” ujar Dandim 0201/BS, Letkol Inf Agus Setiandar, SIP, dalam konperensi pers di Makodim 0201/BS, Jalan Pengadilan No.8 Medan, Kamis (30/7/2020) malam.

Dijelaskan Letkol Agus, kecurigaan Serka H Purba semakin menguat, saat pelaku yang ditanya tentang KTA dan NRP-nya, justru memberikan jawaban yang berbelit-belit.

Dengan komunikasi persuasif, Serka H Purba pun menggiring pelaku yang mengaku bertugas di Denmadam I/BB ini menuju Makoramil 0201-05/Medan Baru.

“Setelah diinterogasi secara marathon oleh Danramil 0201-05/Medan Baru, Kapten Arm Edi Hutabarat yang didampingi Serka H Purba dan sejumlah Babinsa lainnya, Muslianto akhirnya mengakui dirinya sebagai tentara gadungan,” ungkap Letkol Agus.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hamsah umar


Comment

Loading...