Cegah Covid-19, Mahasiswa KKN Unhas Data Masyarakat Rentan


FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Mencegah meluasnya penyebaran Covid-19 di Makassar, mahasiswa KKN Tematik 104 Universitas Hasanuddin (Unhas) posko Panakkukang 2, berinisiatif melakukan pendataan kelompok rentan covid-19 di Kelurahan Panaikang.

Pendataan tersebut merupakan program kerja KKN individu dan berdasarkan pada hasil penelitian, yang menyebutkan kategori kelompok rentan Covid-19 adalah masyarakat lansia, perokok, atau pengguna vape, dan penderita penyakit kronis seperti jantung, diabetes, dan TBC.

Lokasi pendataan dilakukan di Kelurahan Panaikang berdasarkan wilayah domisili peserta KKN. “Setelah dilakukan pendataan, hasilnya akan diteruskan ke pemerintah setempat untuk memperketat penanganan di wilayahnya agar kelompok rentan tidak mudah tertular Covid-19,” sebut Nur Aulia Syafitri mahasiswa KKN Jurusan Teknik PWK Unhas.

Selain mendata, edukasi pencegahan Covid 19 pada kelompok rentan juga dimaksimalkan melalui pembagian poster panduan aman bagi lansia menghadapi pandemi. “Poster dibagikan melalui media sosial atau kontak para responden berdasarkan hasil pendataan untuk mengurangi kontak fisik (physical distancing) dengan masyarakat,” jelas Aulia.

Kegiatan pendatan tersebut disambut baik oleh pemerintah setempat. “Ini memudahkan kami untuk mengawasi dimana lokasi kelompok rentan covid 19 berada sehingga bisa mengantisipasi penyebarannya sejak dini,” Jelas Irawati S.Sos Plt Lurah Panaikang.

Di posko Panakkukang 2, peserta KKN Unhas dibawah bimbingan Dosen Pengampuh KKN Dr Andi Tenri Famauri SH MH, melakukan berbagai kegiatan pengabdian masyarakat untuk mencegah penularan Covid-19 seperti sosialisasi cara cuci tangan yang benar, edukasi pembuatan handsanitizer, dan pembagian masker serta faceshield. (*/fajar)

Komentar

Loading...