Gejala Berulang Tanda Alergi Makanan

KENALI. Alergi makanan bisa ditandai dengan gejala yang berulang. Jika sering terjadi, sebaiknya orang tua rutin konsultasi karena bisa berakibat fatal. (ABE BANDOE/FAJAR)

FAJAR.CO.ID — Bayi dan anak sangat rentan mengalami alergi akibat makanan. Salah satu gejala alergi adalah dampaknya muncul berulang.

Spesialis Anak, dr Bahrul Fikri SpA PhD, mengatakan, dominan alergi makanan pada anak dampaknya seperti kulit memerah dan sakit perut hingga mencret. Kondisi itu akan berulang setiap mengonsumsi makanan pemicunya. Paling dominan ditemukan, alergi makanan karena telur dan produk atau susu sapi langsung.

Anggota Divisi Alergi Imunologi Bika FK Unhas itu menambahkan, selain karena kejadian rutin, dampak yang konsisten juga bisa menjadi petanda alergi. Misalnya setiap anak makan telur, barulah dampak alergi muncul, pun setiap usai minum susu sapi. “Intinya ada gejala yang konsisten muncul saat memakan satu makanan,” terangnya kepada FAJAR, kemarin.

Selain itu, alergi makanan pada bayi dan anak banyak terjadi karena ada riwayat alergi di kedua orang tua atau keturunannya. Meski dampaknya tidak berulang, namun muncul gejala kulit memerah usai memakan makanan tertentu bisa langsung dikatakan alergi. Tetapi yang harus dipahami, bahwa ada yang alergi telur ayam namun tidak alergi daging ayamnya. Ada juga alergi susu sapi, tetapi tidak alergi daging sapinya.

Untuk alergi telur di bayi dan anak paling sering karena putih telurnya, karena pada bagian itu ada alergennya, kandungan penyebab alergi.

Komentar

Loading...