Menuju Pariwisata Dunia, Gubernur Sulsel Dukung Penuh Geopark Maros Pangkep

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Gubernur Sulawesi Selatan, Prof HM Nurdin Abdullah mendukung penuh Geopark Maros Pangkep menuju pariwisata dunia atau UNESCO yang merupakan badan khusus Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

“Geopark ini adalah bagaimana memuliakan alam dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Itulah misi Geopark sebenarnya,” ungkapnya, di Rujab Gubernur Sulsel, Jalan Jenderal Sudirman Makassar, Senin (3/8/2020)

Ia menjelaskan, pembangunan infrastruktur bisa dilakukan, tapi yang paling penting harus tetap menjaga keaslian situs budaya dan kearifan lokalnya.

“Geopark Maros Pangkep ini sangat banyak destinasi-destinasinya. Makanya saya bilang ini harus betul-betul dijaga keaslian dan kearifan lokalnya. Jangan sampai karena kita membangun kawasan wisata tapi mengubah fungsi,” tegasnya.

Ia mengaku, Geopark Maros Pangkep sudah memenuhi standar untuk masuk di UNESCO, tapi harus ada konsisten dari masyarakat dan pemerintah untuk tetap menjaga keasliannya.

“Silahkan membangun infrastruktur apa saja tapi itu (Jangan mengubah keasliannya),” ungkap Mantan Bupati Bantaeng itu.

Menurutnya, langkah yang tepat untuk menjaga hal tersebut yakni dengan betul-betul menyayangi alam dengan segala upaya, dan paling penting Geopark Maros Pangkep ini juga untuk mendorong kesejahteraan masyarakat sendiri.

“Makanya saya sering mengatakan kalau mau disayangi alam kita harus lebih menyayangi alam itu, makanya alam ini kita harus muliakan. Alam ini dimuliakan tentu dengan segala upaya yang sudah lakukan,” jelasnya.

Komentar

Loading...