Puslitbang Kebencanaan Unhas Ambil Bagian dalam Riset Kolaborasi Internasional


FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Universitas Hasanuddin, melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Studi Kebencanaan (Puslitbang Kebencanaan), terlibat dalam program penelitian kolaboratif MIT-Indonesia Research Alliance (MIRA). Massachusetts Institute of Technology (MIT) merupakan salah satu universitas terbaik di dunia yang berada di Boston, Amerika Serikat.

Pada program ini, peneliti dari Indonesia akan bermitra dengan para profesor dan peneliti dari MIT dalam mengembangkan beberapa penelitian strategis bidang energi, bioteknologi, ekonomi, kesehatan, dan transportasi.

Kegiatan ini didukung melalui dana Seed Fund MIT-Indonesia sebesar maksimal 100.000 USD untuk grup riset yang terdiri dari satu orang peneliti MIT yang bermitra dengan satu orang atau lebih peneliti Indonesia.

Dana hibah ini nantinya akan dipergunakan untuk perjalanan kerjasama,initial expandable, visiting student/research, dan untuk penyusunan awal proposal penelitian. Setiap universitas PTNBH di Indonesia mengirimkan peneliti serta hasil riset mereka ke Kemenristekdikti, untuk kemudian diseleksi.

Ketua Puslitbang Kebencanaan Unhas, Prof. Dr. Eng. Ir. Adi Maulana, ST., M. Phil., yang menjadi salah satu delegasi Unhas untuk program ini. Prof Adi berkolaborasi dengan Prof Oliver Jagoutz (Lead PI MIT – USA) dalam melakukan penelitian terkait lingkungan dan iklim dengan judul “What Controls Earths Long-Term Climate?”

Melalui penelitian ini, Prof Adi ingin menjelaskan apa yang mengendalikan iklim jangka panjang bumi. Misalnya saja dari aspek perubahan iklim antropogenik, umpan balik CO2 jangka panjang untuk memahami masa depan perubahan iklim antropogenik, serta beberapa aspek lainnya yang mungkin mempengaruhi iklim.

Komentar

Loading...