Hadi Pranoto: Terpenting Kami Punya Produk dan Manfaatnya Baik

Peneliti Hadi Pranoto menunjukkan ramuan herbal yang diklaim untuk antibodi COVID-19, di Kota Bogor, Jawa Barat, Senin (3/8/2020). Foto: ANTARA /Arif Firmansyah/hp

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Sosok Hadi Pranoto membuat heboh karena sudah mengklaim menemukan obat Covid-19. Obat itu disebutnya sebagai cairan antibodi untuk menyembuhkan dan mencegah Covid-19. Saat ditanya soal proses uji klinis hingga siapa saja timnya, Hadi Pranoto tak mau menjelaskannya secara gamblang.

Dia juga enggan membahas masalah background atau latar belakang dirinya yang bukan profesor. Terpenting, Hadi mengatakan obat yang dia temukan bisa bermanfaat.

“Saya tak mau membahas masalah background saya, saya mau membahas bagaimana herbal ini bisa bermanfaat untuk menyembuhkan Covid-19. Tak mau membahas itu, itu kan nanti jadi salah persepsi lagi,” katanya kepada JawaPos.com, Senin (3/8).

Saat ditanya siapa saja tim peneliti dalam penemuan obat itu, apakah mahasiswa atau dari kalangan ilmuwan, Hadi enggan menjawabnya. Dia mengaku hal itu adalah ranah privasi.

“Tim saya melakukan penelitian dalam mengembangkan obat agar virus bisa tertangani dengan cepat. Saya enggak bisa sebutkan satu-satu tim saya. Itu privasi,” tukasnya.

“Terpenting kami punya produk dan manfaatnya baik. Tak ada dampak negatif sama sekali pada manusia. Saya mohon maaf, tak berkenan sampaikan siapa tim riset saya dan berapa banyak. Itu privasi saya,” katanya.

Hadi Pranoto mendadak terkenal setelah dia berbicara lewat video YouTube Channel milik musisi Erdian Aji Prihartanto atau Anji pada 31 Juli.

Komentar

Loading...