Hakim Tipikor Positif Covid-19, Sidang Tetap Berjalan

Ilustrasi Persidangan di PN Tipikor Mataram beberapa waktu lalu.

FAJAR.CO.ID, MATARAM — Satu hakim di Pengadilan Negeri (PN) Tipikor pada PN Mataram dinyatakan positif Covid-19. Kendati demikian, persidangan tetap digelar. ”Sidang tetap berjalan,” kata Ketua PN Mataram Sri Sulastri, Senin (3/8).

Di PN tipikor, hanya terdapat dua hakim. Satu hakim dinyatakan positif Covid-19. ”Ya, jelas kalau hanya satu hakimnya kan tidak bisa berjalan sidanganya,” ujarnya.

Untuk menjalankan sidang, hakim yang dinyatakan positif tersebut akan diganti dengan hakim karier. ”Tetapi pergantian itu hanya sementara,” jelasnya.

Tercatat, masih ada tiga perkara korupsi yang masih ditangani. Dua perkara baru masuk. ”Sisanya tinggal putusan,” ujarnya.

Dua perkara yang baru masuk adalah perkara dana desa di Lombok Tengah dengan terdakwa Abdul Wahid. Serta kasus korupsi atas terdakwa Soni Kartariadi yang baru dilimpahkan Kejari Sumbawa.

Sedangkan, yang tinggal menunggu putusan adalah perkara korupsi Bank NTB Cabang Dompu. ”Putusannya sudah kita siapkan,” bebernya.

Gedung PN Tipikor sudah diseterilkan. Petugas sudah menyemprotkan cairan desinfektan. ”Sudah klir. Tidak ada masalah lagi,” ujarnya.

Setiap orang yang masuk ke PN Tipikor diwajibkan mencuci tangan. Serta para pengunjung dibatasi. ”Harus menjaga jarak,” tegasnya.

Sri mengatakan, PN Mataram sudah bersurat ke Mahkamah Agung (MA). Mereka meminta tambahan hakim. ”Kita masih kekurangan hakim. Kita sudah meminta tambahan. Kita belum tahu berapa nanti yang diberikan tambahan hakimnya,” ujarnya.

Komentar

Loading...