Setelah Delapan Tahun Menikah, Rachel Maryam Baru Ajukan Isbat Nikah

Rachel Maryam

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Setelah delapan tahun menikah, Rachel Maryam dan suami Edwin Aprihandono mengajukan sidang isbat pernikahan di Pengadilan Agama Jakarta Selatan, kemarin (3/8).

Kuasa hukum keduanya, Doddy Haryanto mengungkapkan alasan kliennya mengajukan sidang isbat karena pernikahan mereka ingin diakui secara negara.

“Ya, sesuai dengan Undang-undang Nomor I Tahun 1974 Pasal 7 Ayat 2, untuk memberikan kepastian suatu hukum,” katanya.

“Jadi, secara tegas dikatakan dalam komplikasi hukum Islam pasal 7 ayat 2 bahwa perkawinan siri itu dapat diajukan isbat untuk memberikan suatu kepastian hukum kepada pemohon,” imbuh Doddy.

Dia menjelaskan, seseorang yang menikah siri wajib untuk menjalani sidang isbat, karena pernikahan mereka dianggap sah secara agama dan tercatat oleh negara.

“Untuk itu tentunya harus mengajukan isbat nikah, karena ibu Rachel kita tahu semua beliau sebagai selebritis, beliau juga sebagai anggota dewan,” ujarnya.

Sebagai anggota dewan, lanjut dia, memang sudah seharusnya memberikan contoh yang baik pada masyarakat.

“Sebagai anggota dewan tentu sangat mengetahui undang-undang segala macam. Kiranya ini menjadi suritauladan juga bagi masyarakat, bahwa perkawinan siri itu harus dilegalkan agar mendapatkan legal standing dan pengakuan dari negara,” ucapnya.

Soal kenapa baru mengajukan isbat nikah setelah delapan tahun menikah, Doddy menegaskan, bahwa kliennya memiliki niat baik agar pernikahannya dianggap sah oleh negara.

Komentar

Loading...