Singa Putih

Selasa, 4 Agustus 2020 08:33
Singa Putih

Pondok pesantren ini berlokasi di daerah Tretes, Prigen. Yakni di kaki timur Gunung Arjuno. Dari jalan raya harus masuk dulu gang kecil. Naik turun. Berkelok-kelok. Jalan itu menuju kampung khas pegunungan.

Nama pondok pesantren ini sudah lama saya dengar: Pondok Pesantren Singa Putih. Dzikir yang diamalkan di situ adalah tarekat Munfaridin. Tiap Jumat malam dilakukan istighotsah sampai larut malam. Dan tiap Jumat Pon (setiap 35 hari sekali) istighotsah-nya semalam suntuk.

Kuat?

Kiai itu sendiri sangat kuat. Para santri di situ menyebut sang kiai tidak pernah tidur. “Beliau haramkan tidur. Untuk beliau sendiri. Sepanjang tahun. Sepanjang hidup,” ujar M. Sholeh, wakil kiai di situ.

Sholeh adalah pengacara terkenal di Surabaya. Yang kalau menggugat pemerintah hampir selalu menang. Yang pernah dihukum 2 tahun di akhir Orde Baru. Ia dianggap melakukan makar pada pemerintahan Pak Harto. Sholeh adalah tokoh PRD (Partai Rakyat Demokratik) yang pernah dianggap komunis. Padahal Sholeh alumnus pondok Tebuireng Jombang, milik Gus Dur itu. (Baca DI’s Way: Anak Sholeh).

Bagikan berita ini:
7
9
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar