Turunkan Kolesterol secara Tepat, Konsumsi 9 Jenis Buah Ini

ilustrasi makan buah

FAJAR.CO.ID — Kolesterol tinggi di dalam darah bisa meningkat akibat konsumsi makanan tertentu. Bila tidak dikontrol, kolesterol yang meningkat bisa menyebabkan strok, bahkan serangan jantung.

Cara yang paling mudah untuk mencegah atau mengendalikan kolesterol tinggi adalah dengan memulai gaya hidup sehat, seperti berolahraga dan banyak mengonsumsi buah-buahan.

Buah umumnya kaya serat, yang bisa mengikat kolesterol di dalam saluran cerna dan mengeluarkannya dari tubuh sebelum terserap masuk ke aliran darah.

Sebagian lagi mengandung antioksidan yang mampu menghambat pembentukan kolesterol jahat (LDL). Lalu, apa saja buah untuk menurunkan kolesterol yang tepat?

Beberapa Buah Penurun Kolesterol Kadar kolesterol yang ada dalam pembuluh darah bisa menebal dan mengeras pada dinding pembuluh darah.

Bila ini terjadi, darah tidak bisa mengalir dengan lancar dikarenakan terjadinya penyempitan pembuluh darah atau aterosklerosis.

Hal ini kemudian bisa meningkatkan risiko Anda terkena strok dan serangan jantung. Ada beberapa pilihan buah yang dapat membantu menurunkan kolesterol.

Buah merupakan serat larut dapat mengikat asam pada empedu, sehingga mampu menurunkan penyerapan lemak dan kolesterol dalam darah.

Yuk, berkenalan dengan berbagai macam buah penurun kolesterol di bawah ini:

  1. Jeruk Bali

Sebuah studi menemukan fakta bahwa terdapat penurunan tekanan darah, kolesterol total, dan kolesterol jahat yang signifikan pada orang-orang yang mengonsumsi jeruk bali 3 kali sehari selama 6 minggu.

Komentar

Loading...