Covid-19 Masih Merebak, Pemkot Sarankan Tak Gelar Lomba Peringatan HUT RI

Suasana lomba kemerdekaan. (int)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus di Kota Makassar dipastikan akan tidak semeriah tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, pandemi covid masih merebak dan Kota Makassar masih dalam status zona merah.

Salah satu kegiatan yang kemungkinan tidak dijumpai saat 17 Agustus mendatang adalah lomba dan pesta rakyat yang akrab digelar oleh masyarakat maupun pemerintah.

Hal itu ditegaskan Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin mengatakan untuk perayaan HUT RI semacam lomba dan pesta rakyat sebaiknya ditiadakan tahun ini.

“Sekarang kami masih mengimbau agar dihindari kegiatan seperti itu, dalam artian di masa pandemi kita hindari hal yang tidak terlalu penting untuk melakukan kumpul kumpul,” kata Rudy,

Menurutnya, segala sesuatu yang sifatnya seremonial dan mengundang potensi besar terhadap penularan covid-19 di Kota Makassar sebaiknya ditiadakan.

“Makanya warga makassar harus mau bersabar dulu, karena yang urgent dulu kita prioritaskan dan yang tidak urgen kita pasti pending dulu,” terangnya.

Senada dengan Rudy, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Makassar, Hendra Hakamuddin mengatakan, esensi dari perayaan HUT RI adalah mengenang dan mendoakan jasa para pahlawan yang telah gugur mempertaruhkan kemerdekaan.

“Saya pikir, sebaiknya tidak dilaksanakan, tetap menjaga kesakralan. Tetapi tetap mengikuti protokol. Kalau ada kegiatan lain kami imbau untuk dihindari,” tandas Hendra. (ikbal/fajar)

KONTEN BERSPONSOR

Komentar